Harga Beras dan Daging Ayam Mahal, Pasar Murah Diserbu Warga

Berita215 views

Palembang, Arungmedia.com,——Sembako mulai dari beras hingga daging ayam naik dan menyebabkan inflasi, tak heran jika Pasar Murah yang digelar Pemerintah Kota Palembang diserbu warga.

Pasar murah jadi pilihan meski terbatas ini karena harga beras medium di pasar tradisional dikeluhkan mahal, Rp13.000 perkilogram, daging ayam ras Rp33.000 perkilogram.

Pasar murah ini dalam rangka jelang HUT Kota Palembang Ke-1431 tahun 2024 di Halaman Kantor Camat Sako, Senin (10/6/2024).

Berbagai bahan pokok tersedia di pasar murah tersebut, seperti cabai, gandum hingga beras. Untuk harganya sudah dipastikan lebih murah dari harga pasaran.

Warga bisa membeli paket 5 kilogram beras dan 1 liter minyak goreng dengan hanya membayar Rp73.000.

Berdasarkan pantauan di lokasi, warga nampak ramai menyerbu stand yang ada di pasar murah tersebut.

Pj Walikota Ratu Dewa mengungkapkan bahwa ini termasuk dalam rangkaian HUT Palembang dan merupakan awal yang baik.

“Kita ingin program dan kegiatan Pemkot Palembang menyentuh langsung masyarakat dan di samping itu menggeliatkan ekonomi Kota Palembang,” katanya.

Ia memaparkan data Inflasi di Kota Palembang bulan Mei 2024 adalah sebesar 3,03 persen dengan indeks harga konsumen sebesar 115,72.

Dengan komoditas penyumbang inflasi tertinggi beras 0,48 persen, daging ayam ras 0,38 persen dan emas perhiasan 0,36 persen.

Faktor yang mempengaruhi naiknya angka inflasi ini adalah emas yang mengalami nilai tukar yang melemah (kebijakan moneter).

“Beras dikarenakan fenomena el nino perubahan cuaca yang tidak menentu dan ayam karena harga yang masih tinggi akibat melemahnya rupiah terhadap dolar,” jelasnya.

Ratu Dewa juga mengapresiasi setinggi-tingginya atas dukungan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan serta Badan Musyawarah Perbankan Daerah untuk Pemerintah Kota Palembang.

Baca Juga:   nasi lemak melayu kukus yang lengkap,komplit, gurih dan sedap

” Salah satu diantaranya adalah terselenggaranya pelaksanaan pasar murah Pemerintah Kota Palembang dalam menyambut Hari Jadi Kota Palembang dan Hari Raya Idul Adha ini,” katanya.

Selanjutnya PJ Walikota mengucapkan terima kasih kepada Bulog, produsen dan distributor pangan, agen cabai rawit dan cabai merah di Kota Palembang atas dukungan dan kerja samanya dalam memberikan keringanan harga pangan khususnya untuk diperjualbelikan di pasar murah ini.

“Dengan dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak, saya berharap inflasi di Kota Palembang tetap terkendali, sesuai dengan target dan sasaran inflasi nasional serta kesejahteraan masyarakat Kota Palembang dapat terwujud,” katanya.

Komentar