oleh

Masyarakat Kabupaten OKU Segera Butuh Pemerintahan Definitif dan Efektif

DPRD Sumsel mengucapkan selamat Hari Bhayangkara ke-75, setiap 1 Juli 2021

Baturaja Kab OKU, Arungmedia.com – Guna mengakomodir harapan masyarakat Kabupaten OKU ingin memiliki kepala daerah yang definitif dan efektif yang dapat menggerakkan roda pembangunan, maka sejumlah pemimpin-pengurus partai politik dan tokoh masyarakat di kabupaten ini mengadakan pertemuan di Moen’ z Coffe, Jalan DR. Soetomo Baturaja, pada Rabu sore (15/09/2021) sekira pukul 16.00 WIB.

Pertemuan tersebut dinilai sangat urgent dan sudah sangat mendesak mengingat selama kurun waktu enam bulan lebih gerak pembangunan di Kabupaten OKU mengalami stagnasi sejak berpulangnya H.Kuryana Azis selaku Bupati OKU dan sejak H.Johan Anuar selaku Wakil Bupati OKU Priode 2021 – 2024 tersangkut persoalan hukum.

Situasi dan Kondisi roda pemerintahan berjalan ditempat serta warna politik yang terjadi seperti saat ini, dinilai sudah sangat serius dan sangat merugikan kepentingan berbagai elemen masyarakat Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU).

Oleh sebab itu maka sejumlah pimpinan partai politik (Parpol) dan tokoh masyarakat yang ada di Kabupaten OKU merasa bertanggungjawab dengan kelangsungan kpemerintahan di Kabupaten OKU agar menjadi efektif, duduk bersama untuk mengambil langkah-langkah strategis demi efektifnya pelaksanaan pemerintahan di Kabupaten OKU.

“Agar pelaksanaan Pemerintahan Daerah Kabupaten OKU berjalan efektif maka diharap pihak eksekutif dan legislatif perlu segera mengambil langkah-langkah strategis guna berlangsungnya roda pemerintahan di Kabupaten OKU. Untuk menjalankan pemerintahan yang efektif, perlu pemerintahan yang definitif yang harus disiapkan secara bersama,” ujar Fahlevi Maizano dan langsung mendapat sambutan positif serta apresiasi dari sejumlah pimpinan-pengurus partai politik dan tokoh masyarakat yang hadir dalam acara coffe bersama pada Rabu sore tersebut.

Menyadari kondisi Pemerintahan Kabupaten OKU seperti sekarang ini dinilai sudah darurat, maka sejumlah pimpinan-pengurus partai politik dan tokoh masyarakat yang hadir sepakat membuat pernyataan bersama untuk bersama-sama mendorong berlangsungnya proses demokrasi berlandaskan aturan dan regulasi serta peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Baca Juga:   Guna Mengamankan Kegiatan Sriwijaya Ranau Grand Fondo, Polres OKU Kirim 30 Personelnya

” Untuk dapat menjalankan pemerintahan yang efektif demi bersikenambungan pembangunan berpihak kepada masyarakat, maka diperlukan pemerintahan yang definitif, disiapkan oleh legislatif bersama-sama eksekutif sehingga tujuan pemerintah daerah dapat diimplementasikan,” tandas Fahlevi Maizano.

Dalam acara coffe bersama itu hadir Ketua Partai Gerindra OKU Ir.Marjito Bachri, Fahlevi Maizano dari PDI Perjuangan, Partai Keadilan Sejahtera OKU, Partai Kebangkitan Bangsa OKU dan Partai Bulan Bintang OKU, Partai Demokrat OKU, Partai Golkar OKU, Partai Persatuan Pembangunan OKU dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia OKU, Partai Nasdem OKU.

” Dalam perjalanannya Pemerintahan Kabupaten OKU dengan penunjukan pelaksana harian (Plh) dirasakan tidak efektif dalam menjalankan program pemerintahan, baik itu di bidang legislatif maupun eksekutif,” ujar Fahlevi Maizano, SH saat memimpin pertemuan dengan sejumlah pemimpin- pengurus Parpol dan tokoh masyarakat.

Lebih lanjut Fahlevi Maizano akrab dengan nama panggilan ” boy ” itu mengatakan, Untuk mendukung kesinambungan pembangunan di Kabupaten OKU berpenduduk 371.996 jiwa, perlu diambil langkah-langkah konkrit pemerintah daerah yang definitif sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang No.10 Tahun 2016, perubahan kedua UU No.1 Tahun 2015 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah pengganti UU No.1 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, Walikota.

Sebagaimana tercantum di Pasal 174 Ayat (I ) dalam hal Gubernur dan wakiĺ gubernur, Bupati dan wakil Bupati serta Walikota dan wakil Walikota tak dapat menjalankan tugas karena alasan yang dimaksud pada Pasal
73 Ayat (1), maka pengisian jabatan tersebut melalui mekanisme pemilihan DPRD Provinsi atau Kabupaten/Kota.

Usai pertemuan dalam acara tersebut, para pemimpin-pengurus partai politik yang hadir itu membubuhkan tanda tangan masing-masing pada lembar pernyataan bersama partai politik di Kabupaten OKU dan akan ada pertemuan-pertemuan lebih lanjut sampai terwujudnya Pemerintahan Kabupaten OKU yang Definitif dan Ekfetif Sesuai Harapan Masyarakat Kabupaten OKU.
(Armin Pani).

Komentar

Berita Terbaru Lainya