Kapolda Sumsel Pimpin Apel Bersama “Jaga Perairan Sungai Musi” dari Peredaran Narkoba

SUMSEL928 views

Palembang,Arungmedia.com—Kapolda Sumsel, Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK saat memimpin apel sinergisitas patroli bersama dalan Upaya pemberantasan narkoba di Sumatera Selatan (Sumsel) yang bertempat di lapangan Terminal Peti Kemas Pelabuhan Boom Baru, Selasa (20/12/2022).

” Kegiatan ini dilakukan untuk membentuk kerjasama yang baik antara sesama pemangku kepentingan dan masyarakat dalam pemberantasan peredaran narkoba dan segala macam praktik melanggar hukum lainnya,” kata Kapolda Sumsel, Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK mengawali sambutannya.

Ia mengatakan kerjasama ini akan menjadi upaya bersama dalam pemberantasan peredaran gelap narkoba di perairan Sumsel.

“Terutama dalam upaya pemberantasan peredaran gelap narkoba mutlak diperlukan. Salah satunya di wilayah perairan dengan dibentuknya Komunitas Maritim yang kerap dijadikan sebagai jalur keluar masuk narkoba dan barang ilegal lainnya,” sebut Kapolda seraya mencontohkan Polda pengamanan di negeri tetangga terdekat yakni Singapura.

” Sistem keamanannya sangat sederhana tapi berjalan dengan efektif, dan salah satunya di tiap-tiang telepon ditempel nomor pengaduan masyarakat,” tambahnya.

Ia menghimbau, apabila masyarakat melihat, mengetahui dan menjadi korban kejahatan untuk segera pro aktif melaporkan sebab partisipasi masyarakat sangat diperlukan.

Sementara itu, Kakanwil Bea dan Cukai Sumbagtim yang diwakili Plt Kabid Fasilitas Kepabeanan dan Cukai, Sad Wibowo Erijanto.

Sad Wibowo mengatakan, bersama-sama menjalankan tupoksi dalam menjamin kepentingan negara, baik Bea Cukai, aparat penegak hukum, komponen pemerintah dan masyarakat.

“Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk sinergitas dalam rangka meningkatkan kewaspadaan serta kepentingan dalam memberantas peredaran narkoba di kalangan masyarakat khususnya di pesisir Sungai Musi,” ujar Wibowo.

Dia menambahkan, kejahatan narkoba yang terbilang sebagai extra ordinary crime (kejahatan luar biasa) karena jaringan peredaran yang begitu luas yakni melintasi batas negara serta dilakukan secara terorganisir dan sistematis.

Baca Juga:   Gubernur Buka STQH Ke-XXVI Tingkat Provinsi Tahun 2021

Selain jajaran Polda Sumsel dan Kanwil Bea Cukai Sumbagtim, turut hadir pada apel Sinergisitas patroli bersama ini di antaranya BNN Provinsi Sumsel, TNI AL serta Kelompok Sadar (Pokdar) Masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Rachmad juga menyerahkan secara simbolis paket sembako kepada masyarakat yang tinggal di sepanjang pesisir Sungai Musi dan para pekerja angkut di Pelabuhan Boom Baru.

Bersama rombongan, Kapolda Sumsel juga melihat kesiapan kapal patroli gabungan yang tengah bersandar di Pelabuhan Boom Baru Palembang.

Komentar