Pemprov Sumsel Gelar Sosialisasi Perizinan OSS RBA

Palembang391 Dilihat

Palembang, Arungmedia.com–
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar Sosialisasi Perizinan Sektor Industri Berbasis Resiko (OSS RBA) yang digelar di Hotel Swarna Dwipa Palembang, Kamis (03/11/2022).

Sosialisasi ini dibuka langsung oleh Asisten I Bidang Pemerintahan & Kesejahteraan Rakyat Provinsi Sumsel, Drs H Edward Chandra MH dan dihadiri Dinas Perindustrian Kabupaten/Kota dan DPMPTSP.

Edward mengatakan, pada hari ini pihaknya menggelar sosialisasi Perizinan Sektor Industri Berbasis Resiko (OSS RBA), Fasilitasi Pemenuhan Komitmen Perolehan Izin Usaha Industri (IUI), Izin Perluasan Usaha Industri (IPUI), Izin Usaha Kawasan Industri (IUKI) dan Izin Perluasan Kawasan Industri (IPKI). Kewenangan Provinsi dalam Sistem Informasi Industri Nasional (SIINas) yang Terintegrasi dengan Sistem Perizinan Berusaha Terintegrasi secara Elektronik di Provinsi Sumsel.

“Guna menjalankan operasional persyaratan yang diwajibkan bagi perusahaan industri secara umum salah satunya Perusahaan harus memiliki Akun Sistem Informasi Industri Nasional (SIINas),” katanya

Lanjutnya, Perusahaan Industri yang telah memperoleh izin wajib melaksanakan kegiatan usaha Industri sesuai dengan izin yang dimiliki. “Serta juga menjamin keamanan dan keselamatan alat, proses, hasil produksi, penyimpanan, serta pengangkutan,” ujar Edward

Edward mengungkapkan, Sistem Informasi Industri Nasional (SIINas) adalah tatanan prosedur dan mekanisme kerja yang terintegrasi meliputi unsur institusi, sumber daya manusia, basis data, perangkat keras dan lunak serta jaringan komunikasi data yang terkait satu sama lain yang tujuan untuk penyampaian, pengelolaan, penyajian, pelayanan serta penyebarluasan data dan/atau informasi Industri.

“Penyampaian data industri melalui Akun SllNas berlokasi di kawasan industri atau dapat berlokasi di luar kawasan industri dengan ketentuan dalam pasal 65 Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2021. Setelah mendapatkan perizinan berusaha pelaku perusahaan sesuai kebutuhan masing-masing harus memiliki perizinan berusaha untuk menunjang kegiatan usaha dalam kegiatan operasional komersil sesuai dengan ketentuan perundang undangan di sektor,” ungkapnya.