oleh

Kepergok Curi Buah Sawit, Satu Tertangkap dan Dua Melarikan Diri

Baturaja, Arungmedia.com – Upaya tiga pelaku untuk membawa hasil curian berupa buah sawit terpaksa gagal karena kepergok pengelola, satu pelaku berhasil ditangkap, sedang dua pelaku lainnya berhasil melarikan diri.

Upaya pencurian buah sawit di kebun sawit yang berada di Dusun II Desa Gunung Meraksa Kecamatan Lubuk Batang Kabupaten OKU, milik GP. Ronald Sihombing (27), wiraswasta beralamat di Citra Grand City Talang Kelapa Palembang berhasil digagalkan karena kepergok oleh  karyawan perkebunan ini, satu pelaku berinisial AA bin HA (29) beralamat Dusun I Desa Gunung Meraksa Kecamatan Lubuk Batang Kabupaten OKU berhasil ditangkap pengurus dan karyawan perkebunan ini, sedang dua pelaku lainnya masing-masing berinisial RS bin MY (28) beralamat Dusun II Desa Gunung Meraksa Kabupaten OKU dan PT (26) beralamat Desa Lecah Kecamatan Lubay Ulu Kabupaten Muara Enim berhasil  melarikan diri dan kini masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

Kepala Kepolisian Resort Ogan Komering Ulu (Kapolres OKU) AKBP Arif Hidayat Ritonga, SIK, MH didampingi Kapolsek Lubuk Batang dan Kepala Seksi Humas Polres OKU kepada wartawan, Selasa pagi (13/07/2021) sekira pukul 09.24 WIB,   mengatakan, menurut penjelasan pelapor dari perkebunan buah sawit kepada kepolisian sektor (Polsek) Lubuk Batang, pada hari Senin sore, 12 Juli 2021 sekira pukul 15.00 WIB, tiga pelaku tersebut melakukan pencurian buah sawit di kebun sawit milik GP.Ronald yang berada di Dusun II Desa Gunung Meraksa Kecamatan Lubuk Batang Kabupaten OKU dengan cara memanen buah sawit yang masih berada di batang dengan menggunakan alat dodos (alat untuk memanen buah sawit),  kemudian buah sawit yang sudah dipanen diangkut dengan menggunakan sepeda motor Yamaha Vega R dan Honda Revo Fit ke tempat penyimpanan (pengepokan) dekat jembatan kisam berjarak sekira 300 meter dari areal kebun sawit.

Baca Juga:   Ibunda Bupati OKU Berpulang

Namun saat tiga pelaku tersebut sedang mengangkut buah sawit hasil curian kepergok oleh karyawan kebun sawit,   selanjutnya pengurus dan karyawan kebun sawit berusaha untuk menangkap tiga pelaku tersebut, namun hanya satu berhasil ditangkap, yakni Pelaku AA. Sedang dua pelaku lainnya masing-masing berinisial RS dan PT berhasil melarikan diri dan kini masuk dalam DPO.

Dari tangan pelaku, pengurus dan karyawan perkebunan sawit berhasil mengamankan sebanyak 70 tandan buah sawit yang beratnya kurang lebih 1.190 Kilogram serta 1 bilah alat dodos sebagai barang bukti (BB) tindak pidana pencurian dengan pemberatan dan dapat dikenai Pasal 363 KUHPidana. Pelaku AA beserta barang bukti kini diamankan di Polsek Lubuk Batang guna dilakukan proses lebih lanjut.

Dalam kasus Curat ini ada dua orang saksi, yakni Febri Azian Oglase (23) beralamat di Dusun III Desa Gunung Meraksa Kecamatan Lubuk Batang dan Riki Amaradona (26) beralamat Dusun IV Desa Gunung Meraksa Kecamatan Lubuk Batang Kabupaten OKU. (Armin Pani).

Komentar

Berita Terbaru Lainya