Jelang Hari Raya, Gepeng di Palembang Mulai Ramai

Palembang65 views

Palembang,  Arungmedia.com, — — Jelang 2 pekan menuju hari raya Idul Fitri 1445 H, puluhan gelandang dan pengemis (gepeng) mulai marak di Palembang. Seperti di depan Masjid Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) Jayo Wikramo, misalnya.

Mereka hadir di sana setelah pelaksanaan ibadah shalat Jumat. Sebagian besar wanita yang menggendong anak kecil dengan membawa karung. Hampir semua gepeng tersebut menutup wajahnya dengan masker.

Bukan cuma di halaman masjid, kondisi serupa terlihat di Jalan Sudirman, Jalan Gubernur Bastari, Jalan Ahmad Yani, Jalan Angkatan 45, R Soekamto hingga Demang Lebar Daun dan lainnya.

Selain menggendong anak kecil, modus yang digunakan gepeng tersebut yakni dengan mendorong gerobak.

Salah satu warga Palembang Nopriadi mengaku resah dengan keberadaan gepeng tersebut. Selain berbaris di depan tokonya, gepeng juga kerap masuk ke toko dan meminta sumbangan.

“Lebih dari 25 orang berbeda-beda dalam sehari meminta sumbangan. Terkadang juga kalau belum diberi belum mau pergi mereka.

Kami sangat resah kami harap dinas terkait melakukan tindakan terhadap gepeng ini,” katanya, Jumat (29/3/2024).

Menindaklanjuti hal itu, Kabid Bina Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat Satpol PP Kota Palembang, Cherly Panggar Besi mengakui gepeng musiman mulai berkeliaran di bulan Ramadhan ini, dan terus bertambah banyak.

“Biasanya setiap hari Jumat saja gepeng di Palembang keluar, kami tertibkan. Tapi di bulan Ramadhan ini setiap hari ada gepeng yang kami tertibkan dan kami serahkan ke Dinas Sosial namun gepeng ini tidak ada habisnya,” ungkapnya.

Cherly menjelaskan kuncinya ada di masyarakat Palembang agar tidak memberi makan ataupun sedekah di jalanan karena itu membuat gepeng semakin banyak.

“Saya harap masyarakat bersedekah dan memberikan makan ke tempat tempat yang sudah ditentukan.

Baca Juga:   Gubernur HD Harap Tilang Online Dapat Dongkrak Penerima Pajak Daerah

Jangan di jalanan, berilah sumbangan di masjid atau panti asuhan yang terdaftar. Jika itu dilakukan maka saya yakin gepeng akan berkurang,” ungkapnya seperti dikutip dari detik.com, Sabtu (30/3/2024).

Komentar