Dukung Kopi Sumsel Mendunia, Pj Gubernur Agus Fatoni Siapkan Pergub dan Perda

SUMSEL254 views

Palembang, Arungmedia.com.—- Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) memiliki kekayaan sumber daya alam yang handal. Tidak hanya kaya dengan lambung energi seperti, batubara dan minyak. Bumi Sriwijaya pun mempunyai hasil komoditas pertanian dan perkebunan yang luar biasa, salah satunya adalah kopi dan teh.

Terkhusus untuk pencinta kopi,selama ini, Sumsel boleh dikata sebagai surganya penikmat minuman yang identik dengan warna hitam tersebut. Hanya saja sayang seribu kali sayang,Sumsel sendiri tidak memiliki brand Kopi sendiri seperti halnya kopi Lampung.

Melihat potensi luar biasa tersebut, Pemprop Sumsel mengukir sejarah baru dengan dukungan penuh dari Pj Gubernur Sumsel H Agus Fathoni serta partisipasi aktif UMKM Kopi, termasuk Kopi Jiklar kemarin, Ahad (12/5/2024) Sumsel meluncurkan brand Kopi sendiri sekaligus  menandakan momen bersejarah bagi industri kopi di Bumi Sriwijaya.

Pantauan media ini, hadir sekitar  sekitar 20 pengiat UMKM Kopi bubuk, termasuk Kopi Jiklar, menjadi bukti konkret dalam rangka memajukan dan meramaikan pangsa pasar kopi Sumsel agar lebih dikenal, tidak hanya di level nasional, melainkan juga mancanegara dan dunia.

Dalam kesempatanya, Pj Gubernur Sumsel H Agus Fatoni saat menghadiri morning coffee dan ‘Launching Kopi Sumsel Bersama Gubernur’ di Pelataran Sungai Sekanak Lambidaro, Palembang mengatakan, pihaknya akan membuat peraturan Gubernur (Pergub) tentang kopi Sumsel yang mengatur bagaimana pengembangan berbagai jenis kopi, kita juga akan patenkan.

” Diharapkan dari pergub itu nanti, dapat  mengatur bagaimana kopi ini diproduksi, dikelola dan dikembangkan,” katanya didampingi Pj Ketua TP PKK Sumsel Tyas Fatoni.

Ia menambahkan, nantinya Pergub Kopi Sumsel juga akan dibuatkan peraturan daerahnya (perda) juga. Dengan begitu kopi Sumsel diharapkan akan dikenal dan diminati oleh masyarakat secara luas baik nasional maupun internasional.

Baca Juga:   Ratusan Jamaah Haji Asal Sumsel Dipastikan Batal Berangkat, Palembang Penyumbang Kebatalan Terbesar

Untuk mewujudkan hal itu diakui Agus Fatoni butuh komitmen dan dukungan dari semua pihak yang terlibat dalam pembangunan Sumsel. Karenanya Pj Gubernur Sumsel mengapresiasi dukungan Kadin Sumsel dalam merealisasikan ide agar Kopi Sumsel menjadi lebih dikenal di daerah sendiri.

“Potensi ini harus dimanfaatkan, digali dan dikembangkan dan dalam prosesnya harus melibatkan semua pihak. Saya bangga karena Kadin hadir sebagai wadah berkumpulnya dunia usaha mendukung program Pemprov Sumsel,” ujarnya.

Diungkapnya, saat ini ada pameran kopi Sumsel di Korea Selatan yang sangat diminati dan dinilai sangat potensial. Pemprov Sumsel berkomitmen mendukung kemajuan kopi Sumsel antara lain melakukan peremajaan pada perkebunan kopi dan berbagai upaya meningkatkan produktivitas kebun kopi di Sumsel melalui pemberian bantuan pupuk dan bibit.

“Kopi jadi komoditi andalan kita dan ini akan terus dikembangkan. Nanti kopi apapun harus dibuat merek kopi Sumsel dengan berbagai jenisnya. Sehingga jadi kebanggaan masyarakat Sumsel,” tegasnya.

Sementara, Ketua Umum Kadin Indonesia, M. Arsjad Rasjid mengapresiasi dan menyambut baik launching kopi Sumsel. Katanya, Kadin Indonesia berkomitmen mendorong kopi Sumsel naik kelas dan merambah ke pasar ekspor.

“Kami memiliki jaringan perusahan besar dan berkomitmen jadi konektor akses pasar bagi kopi Sumsel dengan skema tertentu supaya kualitas terjaga dan melakukan pendampingan secara anggaran sehingga ini dapat terlaksana dengan baik,” jelasnya

Kadin Indonesia terkoneksi dengan kamar dagang di luar negeri. Melalui kolaborasi dan kerjasama Kadin Sumsel,Kadin Indonesia dan Pemprov Sumsel akan mampu memajukan industri kopi di Indoesia khususnya kopi Sumsel untuk naik kelas secara global.

Ketua Umum Kadin Sumsel, Affandi Udji menambahkan pengembangan kopi Sumsel akan memberikan kontribusi PAD Sumsel dan mengurangi angka pengangguran. Untuk itu Kadin bekerjasama, berkolaborasi dan bersinergi dengan Pemprov Sumsel dalam menghimpun potensi kopi di Sumsel, salah satunya melalui launching kopi Sumsel.

Baca Juga:   Diterjang Banjir Bandang, Jembatan Tanjung Raya OKUS Roboh dan Hanyut

 

Komentar