Dosen Muda Polsri Raih Inventor Paten PLTMH Portabel

Palembang125 views

Palembang, Arungmedia.com, —–Paten adalah Hak eksklusif yang diberikan oleh Negara kepada Penemu (Inventor) atau Peneliti atas hasil penemuannya itu di bidang teknologi untuk selama waktu tertentu melaksanakan sendiri Invensinya tersebut atau memberikan persetujuannya kepada pihak lain untuk melaksanakannya.

Dalam hal ini, Salah satu yg disorot adalah Dominasi dari Salah satu Inventor Muda sekaligus Dosen Muda dari Politeknik Negeri Sriwijaya yakni Muhammad Noviansyah Nugraha, S.Tr.T., M.Tr.T. (Arga/Novi), yang dimana merupakan salah satu Inventor Paten Alat mengenai Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro Portabel (PLTMH) Portabel. Paten Alat ini merupakan sebuah Karya yang Berinovasi dalam Memajukan dan Mengembangkan Teknologi dalam Bidang Energi Baru Terbarukan (Energi Air) serta Pengembangan IPTEK. Hal ini berkaitan dengan Sumatera Selatan, Yang dimana Sumsel ini merupakan Provinsi yang disebut sebut sebagai Lumbung Energi dan mempunyai Perairan serta Sungai yang banyak, namun belum termanfaatkan dengan optimal apalagi termanfaatkan di Bidang Energi Baru Terbarukan.

Karya ini juga, merupakan salah satu Karya Visioner dimana PLTMH ini merupakan PLTMH yang bersifat Portabel atau mudah diaplikasikan di perairan mana saja (Dalam Kondisi tertentu – Handy To take).

Dalam Progresnya, Novi bersama mentor yang juga adalah Dosen di Polsri yakni Ibu Dr. Indrayani, ST., MT. (Ibu iin) serta dibantu oleh Keluarga, kerabat dan rekan.

Dalam Kegiatan penyerahan sertifikat Paten tersebut telah diselenggarakan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kemenkumham dan Hari ini dilaksanakan di LB Universitas Sriwijaya Kampus Bukit.

 

 

Dengan Adanya Kegiatan ini, DJKI berharap kepada semua Inventor Pemegang Paten Maupun Paten Sederhana,untuk tetap terus memberikan inovasi dan terus berkarya serta memberikan kontribusi yang besar dalam Bidang Akademis serta Keilmuan Sains Demi Kemajuan Bangsa Indonesia.

Baca Juga:   Jaga Ketersediaan Oksigen di Kabupaten/Kota

Komentar