Dirut PTBA Arsal Ismail Dinobatkan “The Best CEO Strategic Orientation 2023” Ini Alasannya..!

NASIONAL, Rilis1,042 views

Jakarta, Arungmedia.com – BUMN Track kembali menggelar Anugerah BUMN 2023. BUMN Track didukung PPM Manajemen kembali menggelar Anugerah BUMN sebagai bentuk apresiasi kepada para CEO dan perusahaan BUMN yang berkiprah bagi pertumbuhan kinerja perusahaan. Anugerah BUMN 2023 mengusung tema “Akselerasi Transformasi Digital, Inovasi dan Recovery Bisnis BUMN.”

Pada Anugerah BUMN 2023 Direktur Utama PT Bukit Asam (PTBA) Tbk (PTBA) Arsal Ismail meraih penghargaan The Best CEO Perusahaan BUMN & Anak Perusahaan BUMN Tbk kategori CEO Strategic Orientation.

Penghargaan The Best CEO diraih Arsal Ismail karena keberhasilannya mendorong ekspansi dan transformasi bisnis PTBA menuju perusahaan energi dan kimia kelas dunia yang peduli lingkungan. Di antaranya, pengembangan energi baru dan terbarukan (EBT), digitalisasi untuk mendukung kinerja bisnis dan organisasi, serta langkah-langkah penurunan emisi karbon.

“Kami menyampaikan ucapan terima kasih atas apresiasi yang diberikan melalui Anugerah BUMN 2023. Penghargaan ini memacu PTBA untuk terus melakukan transformasi, inovasi, meningkatkan Tata Kelola Perusahaan serta kontribusi untuk masyarakat,” kata Arsal Ismail pada malam Anugerah BUMN 2023.

PTBA juga meraih dua penghargaan lain dari Anugerah BUMN 2023, yakni penghargaan Perusahaan BUMN & Anak Perusahaan BUMN Tbk kategori Transformasi Digital, serta Perusahaan BUMN & Anak Perusahaan BUMN Tbk kategori Tata Kelola Perusahaan (GCG).

Salah satu transformasi digital yang telah diterapkan PTBA yakni pengembangan aplikasi CISEA (Corporate Information System and Enterprise Applications) untuk memantau aktivitas pertambangan secara real time melalui ponsel.

Adapun untuk penguatan Tata Kelola Perusahaan, PTBA telah menerapkan 3 Lines Model serta pengelolaan Sistem Manajemen Bukit Asam (SMBA). SMBA merupakan sistem manajemen terintegrasi yang di dalamnya termasuk sistem-sistem manajemen yang diimplementasikan dalam menjalankan seluruh proses bisnis di Perusahaan.

Baca Juga:   HD Bangga Sabiq Bil Khoirot Wakili Sumsel ke MTQ Internasional

“Apresiasi setinggi-tingginya juga patut diberikan kepada seluruh Insan Bukit Asam yang senantiasa melakukan inovasi dan berkomitmen penuh menjalankan prinsip tata kelola perusahaan yang baik,” ujar Arsal Ismail.

Anugerah BUMN 2023 diikuti 104 perusahaan BUMN. Untuk penilaian didukung PPM Manajemen, Dewan Juri yang terlibat dalam ajang ini memiliki keahlian, kapabilitas, kredibilitas, dan reputasi sangat memadai di bidang Tata Kelola Perusahaan (GCG), finansial, dan kepemimpinan, dengan komposisi unsur meliputi akademisi, peneliti, praktisi dan media.

Menurut Ketua Dewan Juri Anugerah BUMN 2023 Tanri Abeng yang juga Menteri BUMN pertama, pemenang The Best CEO tidak hanya dilihat dari peningkatan kinerja perusahaan namun juga dikaitkan dengan kepemimpinan yang mumpuni dalam mengelola strategi bisnis di era transisi endemi. Kategori yang ditetapkan adalah CEO Visioner, Strategic Orientation, Driving Excecution dan Talent Development.

Tanri Abeng juga menyampaikan, para pemenang CEO BUMN Terbaik dalam ajang Anugerah BUMN berpeluang masuk ke jajaran kursi kabinet, seperti yang terpilih menjadi Menteri ataupun Kepala Badan Publik oleh Presiden Joko Widodo dalam beberapa tahun terakhir.

“Para pemenang Anugerah BUMN sesungguhnya memiliki kapasitas untuk menjadi anggota kabinet. Sebab para dirut BUMN memiliki kompetensi lebih lengkap yang menjadi modal utama dalam kepemimpinan,” katanya. (Rill/katanda.id)

Komentar