Diberhentikan Sepihak Tanpa Pesangon Dosen PTS di Palembang Cari Keadilan di Disnaker

Palembang132 views

Palembang, Arungmedia.com, — Tak terima diberhentikan sepihak, seorang dosen tetap S2 Hukum sebuah perguruan tinggi swasta (PTS) di Palembang, Dr. Conie Pania Putri, SH.MH, membuat aduan tripartit ke Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Palembang.

Langkah tersebut diambil Conie lantaran dirinya merasa apa yang dilakukan oleh yayasan universitas swasta tempatnya bekerja sejak tahun 2015 lalu dan sempat menjadi Kaprodi S2 Hukum itu sangat berlebihan dan tidak mendasar. Apalagi menurutnya, selama bekerja dirinya pun tak pernah melakukan hal-hal yang melanggar aturan.

“Saya menerima surat pemberhentian dari yayasan pada (2/5/2024) lalu secara sepihak dan tidak jelas alasannya. Saya kaget sekali menerima surat pemberhentian sepihak dari yayasan tanpa pasangan pula, ” katanya seperti dikutip dari setiksumbagsel, Kamis (23/5/2024).

Menyikapi surat itu sambung Conie, dirnya merasa hak-hak atas dirinya tidak terpenuhi oleh yayasan. Sehingga dirinya berinisiatif memperjuangkan haknya dengan melapor ke Dinasker Palembang.

“Terhadap pengaduan kami ke Disnaker Kota Palembang ini ada uang pesangon, uang penghargaan masa kerja (UPMK) lalu ada tunjangan sebagai Kaprodi S2 hukum di universitas yang beberapa bulan tidak terbayarkan hingga saat ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Ryan Gumay selaku kuasa hukum Conie mengatakan mereka sudah mempersiapkan langkah normatif terkait dengan tenaga kerjanya yakni fungsi pengawasan yang nanti akan disusulkan pengaduannya ke Disnakertrans Provinsi Sumatera Selatan.

“Itu dilakukan untuk menggunakan kewenangannya karena di sini klien kami dari awal tidak pernah didaftarkan BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, bahkan ada kekurangan upah yang dirasa klien kami dan itu akan kami buktikan,”ujarnya.

Baca Juga:   Sebagai Mitra Pemerintah, HD Inginkan Insan Pers Tetap Sajikan Pemberitaan Proporsional dan Berimbang

Komentar