Camat Kemuning Kembangkan Kampung Ramah Anak di Palembang, Ini Tujuan Utamanya..!

Palembang,Arungmedia.com–Hindarkan Anak-Anak Dari Kecanduan Game Online, Kecamatan Kemuning Kembangkan Kampung Kreatif Ramah Anak sebagai wadah berkembangnya ana-anak dalam mengasah kemampuan diri yang positf.  Demikian kata Camat Kemuning M Irman SSTP MSi, saat berada di kampung ramah anak Jalan Lebak Mulyo Palembang, Senin (26/9/2022).

Menurutnya keberadaan kampung ramah anak ini diyakini dapat mencegah generasi muda khususnya anak dalam usia emas untuk kecanduan game online.

” Kita berharap dengan membuat kampung ramah anak ini dapat membuat anak kembali aktif bermain. Sebab anak-anak saat ini hanya fokus pada permainan yang bersifat elektronik atau online. Banyak sekali permainan tradisional yang bisa dimaikan oleh anak-anak yang berkunjung ke kampung iniini,” ujarnya saat diwawancarai di kampung ramah anak Lebak Mulyo, Senin (26/9/2022).

 

Lebih lanjut Irman menjelaskan, di kampung ini tersedia permainan tradisional seperti, enggrang, congklak, tali lompat atau yeye, kelereng dan masih banyak lagi. Selain itu disini juga tersedia taman edukasi bagi anak-anak. Seperti kebun sayur-sayuran seperti sayur kangkung, bayam, cabai dan lainnya. Untuk ternak juga tersedia kolam ikan seperti ikan lele, gurami dan ikan mujahir. Jadi anak-anak tidak hanya melihat saja, tapi langsung bisa di edukasi seperti cara menanam sayuran dan memberikan makan ikan secara langsung.

“Anak-anak yang berkunjung ke kampung ramah anak ini akan mendapatkan berbagai manfaat. Pertama anak-anak anak memiliki pengetahuan tentang bercocok tanam dan memelihara hewan ternak. Sehingga anak-anak tidak tercandu lagi dengan gadget, ” katanya.

Irman menerangkan, kampung ramah anak ini sudah berjalan hampir satu tahun lebih. Kampung ini juga bisa menambah penghasilan masyarakat sekitar kampung ini.

“Para pengunjung yang datang dan masuk ke kampung ini akan dikenakan tiket masuk. Setelah membayar tiket masuk maka pengunjung dapat menikmati semua fasilitas yang ada di dalam kampung ramah anak ini. Selain itu pengunjung juga bisa langsung membeli sayuran dan ikan jika sudah masuk masa pane,” terangnya.

Baca Juga:   Siap-Siap, Belanja Online Bakal Kena Bea Materai, Ini Penjelasannya..!

“Selain menciptakan lingkungan yang ramah anak. Kampung ini dapat meningkatan perekonomian masyarakat di sekitar sini, ” tambah Irman.

Saat ini, sambung Irman, kampung ramah anak ini masuk dalam ajang lomba. Kampung kreatif ramah anak yang diselenggarakan oleh pihak Pemkot Palembang yang saat ini sudah berlangsung dan diikuti oleh semua Kecamatan di Palembang.

“Saya berharap kampung ini dapat mendapatkan juara. Sehingga kampung ini dapat nilai promosi sehingga akan semakin banyak yang berkunjung ke kampung ini,” bebernya.

“Saat ini kampung ramah anak ini baru bekerjasama dengan Himapudi Kecamatan Kemuning. Kedepannya akan dibangun kerjasama dengan pihak lainnya, ” tandasnya.

Komentar