oleh

JPM Berikan Rekomendasi BPIP

Jaringan Pancamandala (JPM) memberikan rekomendasi yang dibutuhkan kepada Badan Pembinaan Ideologi Pancasila(BPIP). Hal tersebut disampaikan oleh Efrida Siregar selaku Direktur Antar Lembaga  BPIP saat melakukan pertemuan dengan JPM Selasa (27/4/2021) melalui zoom meeting.

Direktur Antar Lembaga Efridha Siregar dalam sambutannya mengatakan bahwa hubungan kerja BPIP dengan JPM adalah bahwa JPM berfungsi sebagai komunikator, collaborator (observer) serta memberikan rekomendasi yang dibutuhkan oleh BPIP dari tiap Propinsi yang sudah terbentuk JPM nya (Banten, Yogya, Jawa Tengah, Lampung dan Sumatera Selatan).

Sementara itu, Baby Siti Salamah selalu Deputi Pendidikan dan Pelatihan menyampaikan bahwa di dalam Deputinya ada tiga Direktur yaitu direktur bidang perencanaan, standardisasi kurikulum, dan penyelenggara pendidikan dan pelatihan.

Salah satu yang menarik dari penjelasannya bahwa nanti direncanakan setiap acara pembukaan dan penutupan diklat akan diwajibkan setiap peserta diklat menggunakan pakaian adat daerah masing-masing sebagai kearifan lokal setiap daerah. Hal ini dimaknai agar peserta pelatihan khususnya dan masyarakat umumnya mencintai nilai budaya masing masing daerah sebagai bentuk aplikasi dari Bhinneka Tunggal Eka,

Ketua Pembina Adat Sumsel dan sekaligus ketua koordinator Pancamandala Sriwijaya (JPM) Sumsel, kepada Arungmedia.com mengatakan sangat mendukung gagasan tersebut. Hal ini dapat menggalakkan tradisi tradisi lokal dalam pembuatan kostum adat.

Sumatera Selatan sendiri sudah ada kegiatan kegiatan organisasi sosial yang melakukan pelatihan misalnya pembuatan Tanjak (tutup kepala) dan Gandik (aksesori ibu ibu) etnis Palembang serta lain asesoris lainnya dari berbagai suku di Sumsel. Salah satu bentuk kebhinnekaan yang dilakukan masyarakat Sumatera Selatan saat ini adalah acara festival ke XIX Palembang Darussalam. (Ril/IMS)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed