oleh

Mengenal Lebih Dekat Dengan BPIP

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP)  baru berusia lebih kurang 3 tahun yang lalu. Yaitu saat dikeluarkan Peraturan Presiden Nomor 7 Tahun 2018 tentang Badan Pembinaan Ideologi Pancasila ,yang lebih kita kenal dengan BPIP.

Dikutip dari Kedeputian Bidang Pengkajian dan Mater, BPIP bertugas dan berfungsi membantu Presiden dalam merumuskan arah kebijakan pembinaan ideologi Pancasila, melaksanakan koordinasi, sinkronisasi dan pengendalian pembinaan ideologi Pancasila secara menyeluruh dan berkelanjutan, dan melaksanakan penyusunan standardisasi pendidikan dan pelantihan, menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan serta memberikan rekomendasi berdasarkan hasil kajian terhadap kebijakan atau regulasi yang bertentangan dengan Pancasila kepada lembaga tinggi negara, kementerian /lembaga, pemerintah daerah, organisasi sosial politik dan komponen masyarakat lainnya.

Sedangkan fungsi BPIP ialah pelaksanaan sosialisasi dan kerja sama serta hubungan dengan lembaga tinggi negara, kementerian /lembaga, pemerintah daerah, organisasi sosial politik, dan komponen masyarakat lainnya dalam pelaksanaan pembinaan ideologi Pancasila. Tugas dan fungsi BPIP seperti tersebut di atas diatur dalam Pasal 3 dan Pasal 4 huruf g dari Perpres Nomor 7 tahun 2018.

Guna melaksanakan tugas dan fungsi di atas BPIP sudah membuat jejaring di daerah, yang kita kenal dengan istilah Jejaring Panca Mandala (JPM)  . Sementara ini baru ada lima JPM Yaitu Propinsi Banten,  Jawa Tengah, Yogyakarta, Lampung dan Sumatera Selatan. Yang masing masing JPM mempunyai lima koordinator yaitu perwakilan unsur Pemerintah, unsur Perguruan Tinggi, unsur Media Sosial, unsur Badan usaha serta unsur dari Organisasi Masyarakat.

JPM Sumsel terbentuk pada tanggal 1 Desember 2020, dengan ketua H. Albar Sentosa Subari.

Sekretaris  Muhammad Fauzi, Koordinator Perwakilan Pemerintah  Apriyadi, Koordinator perwakilan  perguruan tinggi  Diyah Hapsari, Koordinator dari perwakilan Media  dan Pers Icuk. M. Sakir, Dan koordinator perwakilan Dunia usaha Hermansyah.

Beberapa waktu lalu di Yogyakarta (12-13 April 2021) diadakan pertemuan lima jejaring diatas. Dan pada hari Selasa (27/4/21) diadakan audensi melalui jarak jauh dengan Direktur empat bidang Pendidikan dan Pelatihan. (**)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed