Memberdayakan Masyarakat Ditengah Pandemi

31
ARUNG.  Ketua Tim Penggerak (TP)  PKK Sumatera Selatan (Sumsel) Hj. Febrita Lustia HD mengatakan dirinya tetap konsisten  dalam meningkatakan pemberdayaan masyarakat Sumsel sebagaimana yang tertuang dalam 10 program pokok PKK. Terlebih di tengah situasi pandemi covid-19 yang telah banyak terdampak pada  kondisi  ekonomi masyarakat.
“Kami (PKK Sumsel) siap memberdayakan masyarakat untuk peningkatan kesejahteraan keluarga. Ini sesuai dengan arahan Menteri Dalam Negri (Mendagri) Tito Karnavian agar gerakan PKK bisa memberikan manfaat bagi masyarakat,” ujarnya dibincangi usai mengikuti pelantikan pengurus dan sertijab TP PKK Pusat secara virtual di Griya Agung Palembang, Rabu (11/11/2020).
Dikatakan, selama dirinya telah berusaha memberdayakan masyarakat melalui sejumlah pelatihan yang bukan saja melibatkan peserta dari kalangan anggota PKK melainkan juga melibatkan peran serta masyasakat diantaranya pelatihan pembuatan pupuk kompos, menanam tanaman hidroponik, pelatihan pembibitan anggrek, dan pewarnaan kain menggunakan bahan alami dan kegiatan lainnya.
Pelatihan tersebut diyakini Feby dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan yang pada akhirnya dapat membantu pendapatan keluarga. 10 program pokok PKK yang meliputi penghayatan pengamalan Pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga, pendidikan dan ketrampilan, kesehatan, pengembangan hidup berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup, dan perencanaan sehat yang apabila diterapkan seutuhnya akan bermanfaat bagi kehidupan keluarga.
“Tak hanya pelatihan saja yang kami adakan. PKK Sumsel juga telah berpatisipasi dalam memberikan edukasi pada masyarakat terkait dengan pemencegahan  penyebaran virus corona. Melalui gerakan 3 M yaitu memakai masker, mencuci tangan secara rutin, dan menjaga jarak.  Tujuannya tidak lain agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan,” bebernya. Dikesempatan itu, Feby Deru menyampaikan ucapan selamat kepada para pengurus TP PKK Pusat yang baru saja dilantik oleh Mendagri Tito Karnavian. Dia berharap para pengurus yang telah dilantik mampu menjalankan tugas sebaik mungkin untuk kemajuan gerakan PKK kedepan.
“Selamat pada pengurus TP PKK Pusat yang telah dikukuhkan, semoga dapat kerjasama dan kompak dalam menjalankan semua program organisasi PKK,” harapnya.
Sementara itu sebelumnya secara virtual, Mendagri Tito Karnavian yang juga Ketua Pembina TP PKK Pusat dalam arahannya meminta mereka yang masuk dalam formatur kepengurusan TP PKK mampu menciptakan inovasi, memiliki komitmen untuk memajukan PKK serta memiliki jiwa wirausaha  sehingga PKK dapat mampu berdikari  dengan  mandiri secara finansial. “Ada empat hal yang perlu saya tekankan di sini. Pertama, gerakan PKK bertujuan  memberdayakan keluarga kesejahteraan keluarga. Oleh karenanya PKK harus bersinergi dan berkoordinasi dengan lembaga terkait juga dengan PKK di seluruh Indonesia. Kedua, gerakan PKK dengan 10 program pokok PKK harus mampu menyentuh sendi-sendi kehidupan masyarakat. Ketiga, perkuat koordinasi dan sinergitas baik internal dan eksternal. Kemudian keempat, gerakan PKK bukan hanya milik para ibu (kaum perempuan) saja meskipun para ibu adalah tulang punggung gerakan ini, gerakan PKK adalah milik semua,” terangnya.
Dilain pihak Ketua Umum TP PKK Pusat Tri Tito Karnavian mengucapkan selamat bertugas kepada para pengurus yang telah dilantik serta menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas pengabdian para pengurus TP PKK Pusat masa bakti 2016-2020. Dia menyebut tujuan utama gerakan PKK untuk menciptakan kesejahteraan keluarga melalui 10 program pokok PKK yang jika dilaksanakan dengan baik dapat menjadi pilar pokok negara.
“PKK dapat berperan  dalam membantu negara mencegah penyalahgunaan narkoba. Meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, mencegah terjadinya stunting dan gizi buruk. Selain itu agar terus melakukan sosialisasi protokol kesehatan selama pandemi covid-19,” pungkasnya.(Ril/IMS)

LEAVE A REPLY