Produk Caktadent Juara I Program Muda Berkarya

22

Tiga tim terbaik Muda Berdaya mendapatkan modal usaha dan pendampingan dari Kampus Shopee. Ketiga pemenang Muda Berdaya dengan ide terbaik antara yaitu; Tim DIMADA dengan ide usaha aksesoris dari sampah kertas majalah dari SMAN Sumatera Selatan (Ide Terbaik 3), Tim TEFA Rumah Impian dengan ide usaha jasa pembuatan desain rumah dari SMKN 2 Palembang (Ide Terbaik 2), dan Tim Caktadent dengan ide usaha pasta gigi dari limbah rajungan dari SMAN 6 Palembang (Ide Terbaik 1). Produk hasil kreasi siswa dan siswi SMN 6 yang terdiri dari 4 orang yaitu; Gallang Abdi Persada, Fathan Mubina, Aisyah Amalia Putri dan Sofia Aprilianti Fasyah, mempresentasikan hasil usahanya selama 5 menit di depan 3 dewan juri, di Hotel ALTS Palembang, Minggu (29/9). Selesai presentasi, dewan juri mempertanyakan tentang jumlah produksi, pemasaran, kendala yang dihadapi dan prospek kedepan. Semua pertanyaan dijawab dengan lugas dan tuntas oleh siswa-siswa tersebut, sehingga membuat dewan juri dan peserta yang hadir memberikan standing applause. Menurut Gallang Cs, hasil kreasi produk caktadent merupakan kerjasama tim di bawah bimbingan Hj. Dahlia, S.Pd, MM dan di mentori oleh Juanda dari SMSG.
Peluncuran program pendidikan kewirausahaan bernama “Muda Berdaya” pada Hari Pendidikan Nasional tahun 2019, Shopee, perusahaan e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan, bersama dengan Semua Murid Semua Guru (SMSG) sukses mendapatkan antusiasme dari ratusan peserta umur 15 sampai 18 tahun di Palembang dan sekitarnya. Program “Muda Berdaya” dirancang untuk membekali generasi muda SMA/SMK sederajat dengan kemampuan dasar untuk memulai perjalanan kewirausahaan yang mulai berjalan dari Tahun Ajaran 2019/2020.
Pelaksanaan program ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas. Selain bisa menjadi pilihan kerja para generasi muda, kewirausahaan dinilai mampu menjawab tantangan zaman dan industri karena mengasah keberdayaan, kemandirian, dan juga kreativitas. Tantangan yang dihadapi oleh sumber daya manusia di Indonesia berkembang menjadi semakin kompleks dengan kecepatan perubahan yang semakin pesat. Diperlukan terobosan dan inovasi untuk dapat meningkatkan jumlah mahasiswa di seluruh perguruan tinggi di Indonesia dengan mutu yang baik dan relevan dengan kebutuhan pembangunan dan pasar kerja.
Pada bulan Agustus 2018, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) pada Agustus 2017 sebesar 5,50 persen, turun menjadi 5,34 persen pada Agustus 2018. TPT sendiri adalah indikator yang dapat digunakan untuk mengukur tingkat penawaran tenaga kerja yang tidak digunakan atau tidak terserap oleh pasar kerja. Dilihat dari tingkat pendidikan pada Agustus 2018, TPT untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) masih mendominasi di antara tingkat pendidikan lain, yaitu sebesar 11,24 persen. Yang menjadi perhatian adalah tingginya TPT merupakan lulusan SMK yang sejatinya dipersiapkan untuk langsung bekerja.
“Kami senang sekali melihat sambutan yang hangat dari para peserta Muda Berdaya, dan juga progres yang ditunjukkan dari masing-masing tim. Tentunya ini tidak luput dari dukungan mitra kolaborasi kami, yakni Semua Murid Semua Guru, Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan, dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Pendampingan yang diberikan Muda Berdaya ini diharapkan dapat menciptakan generasi muda yang siap bersaing, khususnya agar dapat menciptakan wirausaha yang berkelanjutan,” kata Rezki Yanuar, Country Brand Manager, Shopee.
Drs. Widodo MPd. selaku Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan mengatakan, “Muda Berdaya merupakan program yang sejalan dengan visi misi kami untuk meningkatkan kualitas anak didik kami, khususnya mereka yang masih duduk di bangku SMA/SMK sederajat. Saya juga telah melihat langsung karya dari tim yang terlibat, dan mendengarkan progres dari masing-masing tim. Kami berharap, ilmu yang telah didapatkan di program ini bisa membantu mereka untuk mengimplementasikan bisnis yang akan mereka kembangkan di masa mendatang,”. Adapun program pendidikan kewirausahaan hasil kolaborasi Shopee dan Semua Murid Semua Guru ini terdiri dari tiga tahap, yakni:
Inspirasi : Rangkaian program Muda Berdaya dimulai dengan sesi Inspirasi yang dilaksanakan pada bulan Agustus lalu. Sesi ini diadakan untuk menggugah minat kewirausahaan para peserta dengan menghadirkan talk show inspiratif bersama figur pengusaha muda, mulai dari Prilly Latuconsina sebagai Brand Ambassador Shopee sekaligus pengusaha muda sukses hingga Yukka Harlanda sebagai CEO Brodo. Acara ini juga dihadiri oleh ratusan murid SMA/SMK sederajat sekitaran Palembang.
Inkubasi: Dari ratusan peserta yang mendaftar, akhirnya terpilih 20 tim semifinalis yang akan mengikuti sesi Inkubasi. Selama Inkubasi, para semifinalis akan diberikan materi dan pelatihan intensif selama tiga hari mengenai struktur perusahaan, literasi digital, hingga business model canvas. Dalam sesi ini diharapkan para semifinalis dapat mematangkan ide bisnis yang sebelumnya mereka miliki.
Apresiasi : Pada sesi terakhir dari program Muda Berdaya, 3 finalis terpilih dengan ide terbaik memaparkan ide bisnis mereka ke depan para juri. Ketiga tim terbaik akan mendapatkan modal usaha dan pendampingan dari Kampus Shopee. (Ril/IMS)

LEAVE A REPLY