Dr Farid Ahmad Okbah: Ukhuwah Islamiah Adalah Persaudaraan

22

POSO – Yayasan Amanatul Ummah Kabupaten Poso bekerja sama dengan Polri serta melibatkan beberapa elemen masyarakat antara lain Ormas Serikat Kebangkitan Pemuda Islam (SKPI) Cabang Poso, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Poso dan Majelis Dakwah Islam Indonesia (Madina) Cabang Poso menggelar acara Tabliq Akbar yang bertempat di Masjid Baiturrahman Jalan P. Natuna, Kelurahan Gebangrejo Timur, Kecamatan Poso, Kota Kabupaten Poso, Selasa (02/07/2019).

Dalam acara Tabliq Akbar tersebut pihak penyelenggara menghadirkan penceramah atau Da’i nasional Ustad Dr Farid Ahmad Okbah dengan mngusung tema “Mengawal Aqidah Dengan Ukhuwah”. Acara juga dihadiri oleh tokoh/Pemuka Agama (Islam) Kabupaten Poso, diantaranya, Ketua MUI Kabupaten Poso H. Arifin Tuamakka, S.Ag Am, Ketua Yayasan Amanatul Umah Kabupaten Poso H.Muh.Adnan Arsal, S.Ag, Sekretaris SKPI Poso Fuad, Imam Mesjid Baiturrahman Poso Ustad Muhammadien, Ketua Madina Poso Ustad Afif Asy Syuhada,S.P.di, serta ratusan jamaah dan umat muslim Masjid Baiturahman Poso.

Dalam sambutannya, Ketua Yayasan Amanatul Ummah Poso H. Muh. Adnan Arsal. S.Ag mengatakan selamat datang kepada Ustad Dr. Farid Ahmad Okbah yang telah menyempatkan diri untuk dapat memberikan ceramah dan ilmu dalam menjalani kehidupan kita sebagai umat muslim khususnya di Kabupaten Poso ini. “Terima kasih semua pihak terkait sehingga kegiatan Tabliq akbar ini dapat kita laksnakan di Masjid baiturrahman,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Ketua MUI Kab Poso H Arifin Tuamakka, S.Ag.MM mengungkapkan bahwa kegiatan Tabliq Akbar saat dilaksanakan bertujuan untuk menambah ilmu wawasan serta mendengarkan ceramah yang akan dibawakan oleh Al Ustad Dr Farid Ahmad Okbah terkait tema yang ada yaknj “Mengawal Aqidah Dengan Ukhuwah”.

“Mengingat umat muslim saat ini banyak terkotak kotak untuk itu mari kita satukan tujuan kita untuk mendapat ridho Allah SWT,” ujar dia.

Sementara itu, dalam ceramahnya, ustad Farid Ahmad Okbah juga mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah mengatur segala sesuatu hingga terlaksananya kegiatan Tabliq Akbar di Masjid Baiturrahman Poso ini.

“Melihat kehadiran jemaah dalam kegiatan Tabliq akbar di dominasi Pemuda Muslim Poso, perlu kita banggakan dimana pemuda Poso peduli dan bersungguh sungguh dalam menjalani Kehidupan sebagai seorang Muslim. Saya pernah hadir di Poso pada Tahun 2002 sebagai salah satu Tim Muslim yang menyaksikan dilaksnakannya Perjanjian Malino untuk perdamaian umat di Poso, dan melihat terjadi perubahan yang baik khususnya Masyarakat Kabupaten Poso,” bebernya.

Menurutnya, dalam penyatuan umat dan persaudaraan dibagi dalam banyak kategori, dalam berbangsa dan bernegara sebagai kehidupan manusia di muka bumi, namun dalam arti Khusus ukhuwah Islamiah adalah persaudaraan, dimana saudara muslim yang tidak bercampur dengan Aqidah yang kita pegang sebagai pemeluk Agama Islam. Berkaitan tema saat ini kita sebagai umat muslim harus kuat dan menjaga tali persaudaraan sesama Muslim itu sendiri, serta meningkatkan perekonomian di berbagai sektor sesuai dengan keterampilan dan jurusan masing masing.

“Seorang Muslim berpegang teguh dengan Iman tidak mudah depresi dalam permasalahan yang di hadapi. Karena Muslim tidak mengenal stress ataupun depresi untuk itu khususnya para pemuda mari satukan tekad bangkit dalam memperjuangkan Agama Islam bersatu menangkal segala sesuatu yang dapat memecah belah Umat Islam,” imbau dia.

Persatuan dalam ukhuwah Islamiah sambungnya, kita terapkan mulai dari kehidupan rumah tangga, Masjid dan lingkungan sekitar kita serta mengharapkan Kabupaten Poso lebih baik. (rilis)

LEAVE A REPLY