Cipayung Plus Menyatukan Persepsi Pemuda

243

PALEMBANG, Arungmedia.com | Silahturahmi  Organisasi Kepemudaan (OKP) dan Organisasi kemahasiswa se Sumsel yang tergabung dalam kelompok Cipayung Plus bersama Kepolisian Daerah (Polda) Sumsel. Kegiatan yang digagas ini diharapkan dapat menyatukan persepsi pemuda dalam persatuan bangsa bertempat di Hotel Best Skip Palembang, Sabtu (3/11).

Ketua Umum Badan Koordinasi (Badko) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Sumbagsel, Bambang Irawan mengungkapkan bahwa Cipayung plus merupakan wadah tempat berkumpulnya seluruh OKP dan Ormas untuk mengontrol mengawal perjalanan bangsa Indonesia. Dijelaskannya, dalam perjalanan Budi Utomo pada tahun 1908, Sumpah pemuda 28 Oktober 1928, yang mengantarkan kemerdekaan Indonesia itu investasi terbesarnya adalah kaum pemuda.

“Banyak korekan pemuda di republik ini dari sejarah telah terjadi, maka tugas kita pemuda adalah menduduki garis struktural keorganisasian serta mengantisipasi agar bisa menjaga nama baik marwan organisasi dalam menjaga peran pemuda itu sendiri,” ungkapnya

Sementara itu, Kasubdit III Ditintelkam Polda Sumsel, AKBP Drs Harno MSi mengatakan bahwa, kegiatan yang digagas melalui pertemuan dan silahturahmi dengan kelompok Cipayung Plus tersebut diharapkannya dapat menyatukan persepsi pemuda dalam persatuan bangsa.

“Disini kita harus bersama-sama bersatu dalam membangun bangsa ini,” jelasnya.

Ia menambahkan untuk wilayah Sumsel, khususnya di kota Palembang diisi oleh berbagai suku serta berbagai etnis, baik suku Komering, Sekayu, Tionghua dan lainnya.

“Jadi sekarang tugas kita yaitu harus bersama-sama untuk menjadikan Kota Palembang ini kondusif, sesuai¬† slogan kita yaitu Wong Kito Galo,” ujarnya.

Selain itu, Harno mengajak pemuda untuk dapat bersatu agar dapat menciptakan persatuan dan kesatuan di bumi Sriwijaya. “Karena memang NKRI itu harus terus dipertahankan di Wilayah kita ini,” ucapnya.

Ketua Umum KAMMI Palembang Iwansyah dalam sambutannya mengatakan bahwa secara sejarah, Cipayung merupakan kelompok organisasi kepemudaan yang telah berdiri sejak tahun 1974.

“Disini sementara KAMMI masuknya pada tahun 1998, maka dari itu kami dalam Cipayung ini masuknya di Cipayung Plus,” ungkapnya.

Iwan mengungkapkan bahwa Cipayung Plus merupakan organisasi yang baru dan merangkul seluruh organsisasi kepemudaan yang baru juga.

“KAMMI juga memberikan apresiasi kepada pihak Polda yang telah mengganggap KAMMI dan teman-teman OKP lainnya sebagai Cipayung, serta dapat terbuka kepada KAMMI terutama melalui Cipayung Plus ini,” tambahnya. (as)

LEAVE A REPLY