Musda APDESI, Tingkatkan Pengetahuan Kepala Desa

282

PALEMBANG- Pra Musyawarah Daerah Assosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI), dihadiri perwakilan kepala desa (Kades) Se Sumatera Selatan, dipimpin Sekjen DPP APDESI, Fifin Arifin, Ketua Panitia Pelaksana, Abi Kaswani dan  Muhammad Aminnudin SH dan Firli SH berlangsung lancar, Senin (16/01/2018) di Hotel Santika, Palembang.

Ifin Arifin

“Musda yang pertama evaluasi prekursor kepengurusan masa lalu, kemudian menyusun program 5 tahun kedepan untuk pengurus baru, dan ketiga memilih Ketua dan menyusun kepengurusan periode kedepan, kalau sekarang DPD APDESI Sumatera Selatan 2018-2023 itu dipilih dan diantaranya menyusun juga dewan Pembina dewan penasehat, dewan pakar dan badan pertimbangan organisasi pelaksanaan Musda ini karena ini dipandang terlalu cepat,” ujar Sekjen DPP APDESI, Ifin Arifin.

Beberapa poin yang dibahas, bagaimana organisasi ini berjalan secara profesional, kemudian organisasi ini jangan diarahkan kepada kepentingan politik dan terakomodirlah aspirasi-aspirasi temen-temen kepala desa dan lain-lain termasuk anggota tetap di kabupaten, ungkapnya.

“Tadinya kita mau mengadakan acara musda di bulan Februari atau Maret tapi karena pemegang mandat tidak mau untuk dua kali mandat maka kita adakan sampai bulan Januari. Hendaknya organisasi ini berjalan secara profesional, tidak ada yang bernuansa politik,” jelasnya.

Sebelum masuk ke Musda, kita nanti akan mencalonkan beberapa nama sebagai ketua, wakil, bendahara dan seketarisnya. Dengan tujuan, merekalah yang akan mengakomodir para kades. Semoga organisasi ini dapat memberikan pencerahan, baik dalam pengetahuan maupun administrasi desa jelas Ifin Arifin.

Sementara itu Ketua Panita Pelaksana Musda, Abi Kaswani mengatakan usai pra musyawarah ini akan memasuki Musda, mudah-mudahan berjalan lancar dan sesuai apa yang diharapkan dan SK panitia per tanggal 24 Desember 2017 dengan hitungan hari, “Alhamdulillah terlaksana pada tanggal 15 Januari 2018 kita berharap ini terealisasi seperti apa tujuan APDESI yang sebenarnya,” ungkapnya.

Kita akan melangkah ke tahapan Musda dan pemilihan Ketua APDESI, update asosiasi pemerintahan desa seluruh Indonesia khususnya di Sumatera Selatan. Maka dengan demikian kami berharap kepada para pihak para peserta akan mensukseskan dari Pra Musda sampai dengan Musda yang direncanakan bersama oleh peserta dan panitia, bebernya.

“Kita akan siap bekerja sama dengan pihak lembaga hukum untuk mendampingi rekan-rekan kepala desa supaya memgerti bagaimana pelaksanaan pemerintahan desa yang baik, pelaksanaan pelayanan terhadap masyarakat desa yang baik. Oleh karena itu tanpa bimbingan kita tidak akan melangkah yang lebih baik,” ujarnya.

Dirinya berharap dengan adanya ABDESI ini bukan semena-mena karena ada APDESI kepala desa itu untuk melawan dan berbuat semena-mena.

“Dengan assosiasi, pemerintahan desa khususnya Sumatera Selatan siap membantu penyelenggaraan pemerintah yang baik dari tingkat provinsi sampai ke desa,” jelasnya.

Menurutnya, Dana Desa itu dana desa yang langsung di transfer APBN diperuntukkan untuk tiga aspek yakni menjalankan pemerintahan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat,” ujarnya.

Harapan kita dengan adanya terbentuk asosiasi pemerintahan desa di seluruh Indonesia khususnya di Sumatera Selatan Ini dari 14 kabupaten kota, jangan sampai teman-teman sejawat seperjuangan serta kepala desa sudah bekerja dengan baik namun hanya kesalahan administrasi dapat dikapitalisasi, itu yang tidak mau kita harapkan. “Mereka bekerja dengan leluasa tidak takut dengan dihantui permasalahan karena mereka tahu,” tegasnya. (win)

LEAVE A REPLY