Musdes Patikal Lama berlangsung Tertib

207

– Camat Kim-Tim Resmi Buka Musdes.

Kim-Tim,Arung- Untuk melaksanakan penggunaan Dana Desa yang transparan dan tepat guna sesuai dengan Juknis dan Juktis maka Kepala Desa Patikal Lama berserta masyarakat mengadakan Musyawarah Desa (Musdes) di Gedung Serba Guna pada Sabtu malam(23/12).

Acara yang dihadiri oleh Pebroni SE, MM selaku Camat Kikim Timur,Firdaus selaku Sekcam Kim-Tim,Kapolsek Kikim Timur,Mardiyansyah selaku Kepala Desa Petikal Lama dan seluruh Perangkatnya,Sapriyadi Ketua BPD dan Para Anggotanya,Firi,Kiswanto,Iwan Pendamping Desa,Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama,Karang Taruna,dan Masyarakat Desa Patikal Lama.

Acara Musyawarah Desa(MUSDES) ini(23/12) berlangsung di Gedung Desa Petikal lama,membahas berbagai usulan yang diusulkan oleh warga masyarakat Desa Patikal Lama untuk mengusulkan berbagai pembangunan didesanya pada tahun 2018 nanti dan  berlangsung dengan Tertib.
Dalam kata Sambutannya Kepala Desa Petikal Lama Mardiyansyah,menyampaikan bahwa beliau mengucapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh undangan yang sudah berkenan hadir dalam Rapat Musyawarah Desa ini,dan beliau memberikan kesempatan kepada seluruh masyarakat Desa Patikal Lama untuk mengusulkan apa-apa yang akan diusulkan di tahun 2018.

“Terima kasih kami ucapkan kepada seluruh undangan dan masyarakat Desa Patikal Lama yang telah memenuhi undangan kami untuk mengadakan Musyawarah Desa (Musdes) di Gedung Serba Guna ini,dan marilah kita usulkan dan kita bahas bersama-sama,apa-apa yang kita usulkan di 2018 nanti.” ucap Pak Kades yang ramah-tamah ini.

Camat Kikim Timur Pebroni SE,MM secara langsung meresmikan Pembukaan Musdes menyampaikan,bahwa Musdes ini wajib dilaksanakan di setiap desa.
“Dengan mengucap Basmallah Secara resmi,pada malam ini Sabtu(23/12) Rapat Musyawarah Desa(Musdes) saya buka,silahkan Kepada seluruh masyarakat Desa Petikal Lama untuk bermusyawarah dengan tertib agar tercipta kata mufakat,apa-apa yang akan diusulkan dan dilaksanakan pada tahun 2018 nanti.” ujar Pak Camat.

Rumin,Winarto,Saiman Effendi warga Desa Patikal Lama, mengusulkan Puskesmas,Lampu Jalan untuk penerangan,Air Bersih,Akses Jalan menuju keperkebunan warga,dan Penjelasan RPJM Des.
Camat Kim-Tim Pebroni SE,MM memberikan penjelasan atas pertanyaan dan usulan-usulan warga masyarakat Desa Patikal Lama.
“Kalau untuk Penerangan atau Lampu Jalan, itu sudah diusulkan ke PLN namun sayangnya sampai saat ini belum terlaksana dengan baik,
Untuk Pembangunan Puskesmas,ini bukan masuk dalam Add,dan RPJMDes akan di jelaskan lebih lanjut.” jelas sang Camat.

H.Mustopa mengusulkan jembatan gantung sebagai sarana penyeberangan dari desa Patikal Lama menuju lahan perkebunan yang berada di seberang desa.
“Saya mengusulkan jembatan gantung sebagai sarana penyeberangan.” usul Pak Haji.

Menjawab usulan ini,Pendamping Desa menanggapi bahwa usulan itu sudah masuk,namun nantinya yang akan di dahulukan mana yang lebih vitalitas bagi masyarakat.
“Menanggapi usulan Jembatan Gantung sudah masuk ke kami,namun nantinya akan kita bahas mana yang lebih dibutuhkan masyarakat atau yang sifatnya vitalitas bagi masyarakat maka itulah yang akan dilaksanakan terlebih dahulu.” jelas Pendamping Desa.

Sapril mengusulkan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia atau Pelatihan Kader untuk bibit karet dan sawit.
” Saya mengusulkan Pelatihan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia khususnya untuk Kader Pembibitan Karet dan Sawit.”usul Sapril.
Menjawab usulan Sapril tersebut,Kepala Desa Patikal Lama menjawab bahwa usulan itu sangat bagus dan kedepannya kita akan berkoordinasi dengan berbagai pihak.
“Terima kasih, itu usulan yang sangat bagus,kedepannya kita akan berupaya untuk berkoordisi dengan berbagai pihak yang terkait.” jawab Pak Kades.

Acara yang berlangsung selama 3 jam ini akhirnya berlangsung dengan tertib.
Dan akan menampung seluruh usulan masyarakat Desa Patikal Lama.
Adapun hasil dari Musdes Patikal Lama adalah Menyelesaikan Pembangunan Gedung Serba Guna,Membeli Lahan Untuk Masjid,Membeli Tanah Desa untuk Lapangan dan Membuat Sumur Bor.
(Akbar)

LEAVE A REPLY