Ratna Komala : Majalah Arung Persyaratan Perusahaan Pers dan Produk Terpenuhi

793
Penyerahan berkas, Perusahan dan Majalah Arung ke tim verifikasi Dewan Pers. jumat 29 September 2017.

PALEMBANG- Ketua tim ratifikasi dan verifikasi perusahaan pers, dewan pers, Ratna Komala dan Sekretaris Wati melaksanakan tugasnya untuk mengadakan verifikasi faktual di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Jumat, 29 September 2017, tiba giliran ke Majalah Arung, Jl RA Abusama Manggis 1 No 2789, Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Sukarami Palembang.

Kedatangan tim di sambut langsung pimpinan redaksi dan penanggungjawab, Icuk M.Sakir dan beberapa awak media.

Saat tim verifikasi memeriksa berkas, Perusahaan Majalah Arung, jumat 29 September 2017

Tim Dewan pers, sudah dua hari di Palembang dari tanggal 28 – 29 September 2017. Selain mengadakan verifikasi, tim ini, juga memberikan pelatihan TV Lokal di Sumsel, Pal TV dan Sriwijaya TV.
Pantauan di kantor redaksi Majalah, langsung bekerja, mengecek semua berkas-berkas yang berkaitan dengan perusahaan Pers.

“Perusahaan Pers itu harus punya dokomen berbadan hukum khusus (PT) yang dikeluarkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, setelah secara hukum legal, perusahaan pers punya kode prilaku,”katanya.

Selanjutnya, “setelah diteliti, semua persyaratan baik administrasi maupun produknya ada dan terpenuhi semua,”ujarnya

Dikatakan, perusahaan pers yang terverifikasi akan mendapatkan perlindungan Dewan Pers jika terjadi sengketa terkait perusahaan pers. .

“Melalui pendataan akan terlihat, mana yang profesional, mana yang tengah berproses untuk memenuhi standar profesional, tidak apa-apa semuanya berproses,” kata Ratna

Perusahaan perkewajiban, untuk mendidik wartawan bekerja secara profesional serta menjunjung profesinya, menyampaikan informasi berimbang sesuai dengan Undang-undang Nomor 40 / 1999 tentang Pers.

Ditambahkan, sekarang ini, kita sudah memasuki pasar bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) semua wartawan dari luar negeri bisa masuk ke Indonesia, kalau tidak siap bersaing kita ketinggalan.

“Untuk itu, perusahaan pers, mendorong wartawannya untuk mengikuti uji kompetensi,”ujarnya

Sebelumnya, ke Kantor Redaksi Majalah Arung, sudah mengadakan verifikasi di beberapa media antara lain, News Hunter, Redaksi Detiksumsel,com, Jurnal Sumatera, Sniper, Hitam Putih, Aksi dan Majalah Rotasi.

 

LEAVE A REPLY