Edylauder Lumban Gaol: Terjadi Peningkatan Peserta tes CPNS Kemenkumham

710

PALEMBANG- Sebanyak 663 peserta dinyatakan memenuhi passing grade tahap kedua Tes Kemampuan Dasar (TKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) dari 13.947 peserta, hasil ini didapatkan sesuai akumulasi kelulusan TKD yang dilakukan mulai tanggal 25 September 2017 sampai hari ke empat, Kamis (28/09) yang dilakukan di Universitas Bina Darma.

Ketua panitia seleksi tes CPNS Kanwil Kemenkumham Sumsel, Edylauder Lumban Gaol mengatakan terjadi peningkatan jumlah peminat tes CPNS Kemenkumham pada tahun ini dimana pada tahun 2017 ini jumlah formasi yang dibutuhkan sebanyak 604 orang dengan rincian formasi lulusan SMA sebanyak 541 orang sedangkan formasi S1 sebanyak 63 orang.

“Pasalnya, untuk yang mengikuti TKD lulusan SMA total jumlah mencapai 21.519 peserta dengan pembagian tes di lokasi Universitas Bina Darma (UBD) sebanyak 17.419 peserta dengan menggunakan 14 kelas dan kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) sebanyak 4.100 peserta,” urainya, Kamis (28/09).

Menurutnya, institusinya sangat membutuhkan pegawai khususnya penjaga lapas karena di Sumatera Selatan ini kekurangan formasi itu. Dirinya melihat animo masyaraka mengikuti tes CPNS pada tahun ini begitu tinggi hal ini terlihat banyak juga pelamar yang berasal dari luar kota Palembang.

Edylauder menambahakan, bagi peserta yang mengikuti TKD dengan siatem CAT harus sesuai dengan prosedur yang ada yakni peserta yang telah datang wajib menyerahkan nomor registrasi asli serta KTP asli, setelah itu di panggil ke lantai 2 lalu diberikan nomor log in dan password untuk mengikuti tes secara online, peserta juga diharuskan datang 90 menit sebelum ujian.

Dijelaskanya, TKD dengan sistem CAT ini, peserta dibagi menjadi 5 sesi, setiap peserta diberikan waktu 1 (satu) setengah jam untuk mengerjakan soal, dengan jumlah 100 Soal yang terdiri dari Tes Kemampuan Kebangsaan (TKB), Tes kemampuan wawasan (TKW), Inteligensi, dan bahasa Indonesia.

“Persesi dengan jumlah 480 peserta, daftar yang lulus paling banyak dengan15 peserta, jadi peserta harus belajar dengan giat dan banyak latihan soal untuk bisa lulus di tahap ini,” jelasnya. (win)

LEAVE A REPLY