Sekda Buka Diklat Kepemimpinan Tingkat III

399
Palembang – Sumber Daya Manusia (SDM) memainkan peran yang lebih penting dalam mewujudkan tujuan-tujuan pembangunan nasional termasuk pembangunan di daerah. Oleh karena itu, untuk mengelola SDM aparatur secara efektif, efisien, dan produktif. Salah satu cara pengelolaan SDM aparatur adalah dengan peningkatan kompetensi daya melalui jalur pendidikan dan pelatihan (Diklat).
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumsel Nasrun Umar mengatakan penyelenggaraan diklat yang strategi mampu memberikan kontribusi terhadap upaya pembangunan kepemimpinan bangsa ke depan yang lebih kompeten dan inovatif serta mampu mensinergikan potensi bangsa. Sehingga pembangunan berkeadilan yang menjadi cita-cita luhur bangsa dapat diwujudkan dengan baik, pembangunan pencapaian tujuan pemimpin dapat dimulai dari para aparatur yang memiliki posisi strategis.
“Melalui Pendidikan dan Pelatihan hari ini diharapkan akan melahirkan kepemimpinan taktikal yang berwawasan nasional dan juga mampu menjabarkan misi dan strategi instansi dalam bentuk program serta mensinergikan stakeholder strategi untuk melaksanakan kebijakan kearah yang lebih baik,”kata Sekda Nasrun Umar saat Pembukaan Diklat Kepemimpinan Tingkat III Angkatan V Tahun 2017 di Aula Putri Kembang Dadar Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sumsel, Senin (28/8).
Lanjutnya, SDM Aparatur harus memiliki fungsi yang strategis dan visioner dalam membantu merumuskan visi dan misi organisasi bersama Kepala SKPD sesuai dengan Renstra, Rentrasda dan Visi Kepala Daerah.
“Dengan penerapkan PPK-BLUD diharapkan Diklat Kepemimpinan Tingkat III ini kedepanya dapat dilaksanakan secara kesinambungan oleh BPSDMD Provinis Sumsel mengingat pentingnya kompetensi ini bagi pengembangan kompetensi Aparatur Sipil Negara,”terangnya.
Sementara itu, Kepala Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Daerah Provinsi Sumsel (BPSDMD) Musni Wijaya menyebutkan sebanyak 40 orang yang ikut Diklat Kepemimpinan Tingkat III Angkatan V Tahun 2017. Diantaranya Pemprov Sumsel 7 orang, Kabapaten Banyuasin 6 orang,  Muara Enim 3 orang, OKU 3 orang, OKU Timur 9 orang, OKU Selatan 2 orang, Pali 6 orang dan Ogan Ilir 3 orang.
“Kami berusaha seoptimal mungkin untuk dapat melaksanakan diklat ini dengan sebaik-baiknya,”ujarnya. “Disamping itu juga, BPSDMD telah melaksanakan berbagai kegiatan diantaranya Diklat Kepemimpinan Tingkat II, Diklat Kepemimpinan Tingkat III dan kegiatan lainnya,”pungkasnya. (ril)

LEAVE A REPLY