Ishak Mekki Minta Jamaah Sumsel Doakan Sukses Asian Games

263
Palembang – sebanyak 448 jamaah calon haji (JCH) kloter 15 Embarkasi Palembang, Minggu (20/8) dinihari WIB bertolak meninggalkan Palembang menuju Jeddah, Arab Saudi. Beberapa jam sebelumnya, tepatnya Sabtu malam pukul 23.50 WIB, mereka dilepas oleh Wakil Gubernur Sumsel H. Ishak Mekki di Aula Asrama Haji Palembang.
Wagub dalam arahannya menegaskan, ibadah haji merupakan ibadah fisik. Oleh sebab itu, para jamaah harus menjaga fisik mereka dengan baik. “Jagalah kesehatan, makan dan tidurlah dengan teratur. Jangan pula memaksakan diri untuk beribadah,” tutur Ishak.
Ishak menambahkan, tahun depan Sumsel akan menggelar dua even besar dan penting, yaitu Asian Games 2018 dan Pilkada serentak di sembilan kabupaten/kota, termasuk pemilihan gubernur. “Untuk itu, kami mohon bapak/ibu mendoakan agar Sumsel dapat menggelar dua even tersebut dengan sukses. Dua even itu merupakan pertaruhan nama baik Sumsel dan juga nama baik Indonesia,” tegasnya.
Sementara itu, Kakanwil Kemenag Sumsel HM. Alfajri Zabidi menjelaskan, total jamaah yang sudah diberangkatkan Embarkasi Palembang hingga kloter 15 ini berjumlah 6.722 orang, termasuk 75 jamaah. Menurut Fajri, seluruh jamaah Sumsel dan Babel saat ini sudah berada di Mekkah.
“Jamaah gelombang pertama yaitu dari kloter 1 sampai 8, semuanya sudah meninggalkan Madinah dan berada di Mekkah. Sedangkan gelombang kedua yaitu dari kloter 9 sampai 14 memang langsung ke Mekkah,” jelas Fajri.
Untuk seat kosong, saat ini berjumlah 28 kursi. Baik itu karena ada jamaah yang meninggal sebelum masuk asrama haji, tertunda karena sakit, maupun menunda karena permohonan sendiri. “Adapun jamaah yang meninggal di Tanah Suci hingga saat ini ada satu orang, yakni Marzuki dari Lahat yang meninggal Jumat (18/8) kemarin pukul 11.20 WAS atau 15.20 WIB,” tutur Fajri. (ril)

LEAVE A REPLY