Suara Anak Hak Dari Anak-anak

223
  • DEKLARASI PROPINSI & KABUPATEN/KOTA SUMSEL MENUJU KLA

 

Palembang-  Penandatangan Komitmen KLA (Kabupaten Layak Anak) dalam menyongsong Asian Games ke -18 di hadiri oleh 17 bupati walikota se Sumsel di nobatkan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (PPP-A) Yohana Susana Yembise dan Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin untuk menandatangani deklarasi kesiapan menuju Kota Layak Anak di pelataran  Benteng Kuto Besak Palembang, Jumat (4/8).

Selain itu juga dilakukan Pengukuhan Forum Anak Provinsi Sumsel 2017-2019 oleh Gubernur Sumsel.  Untuk Sumsel sendiri baru Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) yang mendapatkan Penghargaan Kota Layak Anak.

“Di Sumsel hanya Kabupaten Muba yang layak menjadi KLA yang mendapatkan penghargaan dari kementrian, semoga kedepannya ingin memberikan penghargaan setiap tahun di hari anak, jadi kalau setiap tahun maka bupati walikotanya harus bekerja keras supaya untuk menjadikan daerah masing-masing menjadi kabupaten/kota layak anak, maka suara anak dari provinsi ini harus di dengar karena itu adalah hak dari anak-anak,” ujar Yohana.

Menurutnya penandatangan dari semua Bupati/Walikota ini, sebagai bentuk komitmen bersama untuk mengimplementasikan 24 indikator Kota Layak Anak. Daerah yang bisa dikatakan sah sebagai Kota Layak Anak harus mendapat penghargaan mulai dari pratama, madya, nindya, utama.

Forum anak harus dilibatkan lain musrenbang desa sampai dengan musrenbang provinsi itu adalah kekuatan kita, “saya pikir mereka yang akan menjadi pemimpin kedepannya di propinsi ini dan itu sudah sesuai dengan UU No. 23 bahwa urusan perempuan dan anak adalah urusan wajib daerah non operasional, intinya anak-anak harus mempunyai akte kelahiran supaya akses mereka di kesehatan dan pendidikan dan lain-lain berjalan lancer,” jelasnya.

Adapun program utama dari KLA yaitu mengakhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak, tentang perdagangan manusia serta kesenjangan ekonomi bagi kaum perempuan. Semoga sukses bagi semua kepala daerah yang telah menandatangani komitmen bersama pada hari ini untuk membawa kabupaten/kota masing-masing menuju kabupaten layak anak, jelas Yohana.

Sementara itu, Gubernur Sumsel  H Alex Noerdin mengatakan dalam waktu waktu singkat seluruh kabupaten/kota se Indonesia juga segera mendapatkan predikat kabupaten/kota layak anak.

“Ada 24 kriteria yang harus di penuhi untuk mendapatkan predikat  layak anak, Sumsel predikatnya masih di bawah rata-rata nasional, tetapi ada beberapa predikat dan kriteria yang di atas rata-rata nasional, Insha Allah 24 kriteria ini kami akan bekerja keras untuk menjadikan seluruh kabupaten /kota berarti seluruh Provinsi Sumsel menjadi propinsi layak anak,” tegas Alex.

Alex menambahkan, penandatangan komitmen KLA dalam menyonsong Asian Games ke-18 jangan hanya sekedar ceremonial saja, harus ada tindak lanjutnya dan kabupaten /kota di sumsel harus berlomba-lomba menjad kabupaten/kota layak anak.

Sedangkan Bupati Muba, H. Dodi Reza Alex Noerdin mengatakan siap berbagi program untuk daerah Sumsel.

“Siap berkoordinasi dengan daerah-daerah di sumsel untuk berbagi program dalam pemenuhan hak perempuan dan anak. Adapun program KLA  yang di jalankan Kabupaten Muba selama ini tidak terlepas dari dukungan masyarakat di Muba dan dukungan dari semua pihak sangat kita butuhkan khususnya dari masyarakat di daerah masing-masing,” ujar Dodi. (Win)

LEAVE A REPLY