Musi Bercorak Jadi Destinasi Wisata Baru Kota Palembang

461

PALEMBANG- Pemeruntah Kota (Pemkot) Palembang melalui Dinas Pariwisata nya, kembali menambah destinasi Pariwisata baru. Melalui program musi bercorak, pinggiran sungai Musi akan dibuat berwarna-warni, melalui produk cat Propan.

Walikota Palembang menyampaikan, pelaksanaan program yang di launching hari ini, merupakan bentuk kerjasama Pemkot Palembang, PT Propan dan kepedulian dari Komunitas Peduli Asian Games Gemilang.

“Jadi sungai Musi ini akan kita buat lebih indah, lebih cantik dan tentunya menjadi destinasi Pariwisata baru di Kota Palembang,” tuturnya.

Harnojoyo berharap, apa yang dilakukan Propan ini, dapat diikuti oleh perusahaan-perusahaan lain di Kota Palembang. Karena, jika kawasan pinggiran sungai Musi ini lebih cantik dan lebih indah, maka akan berdampak pada ekonomi masyarakat termasuk perusahaan yang ada.

Jika masyarakatnya sudah sejahtera, pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) seperti penjual suvenir dan pempek maju, maka tidak perlu lagi dibantu untuk mempercantik pinggiran sungai ini.

“Kalau ini sudah rame menjadi tempat kunjungan, maka akan memberikan dampak ekonomi bagi Palembang dari tamu-tamu yang datang,” terangnya.

Lebih lanjut disampaikan Harnojoyo, program ‘Musi Bercorak’ yang dilaksanakan hari ini, menjadi salah satu program untuk mengentaskan kawasan kumuh di Palembang.

“Nanti kita akan minta semua pihak bersinergi. Karena pinggiran sungai Musi ini kan panjang. Mudah-mudahan ini dapat disuport oleh perusahaan yang ada di Palembang, terutama perusahaan yang rutin melintasi sungai sebagai sarana transportasinya,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, KMS. Isnaini Madani menyampaikan, program ‘Musi Bercorak’ yanv di launcing hari ini, merupakan salah satu dari rangkaian program One Stop Tourism Destination yang dilaksanakan pihaknya.

Jadi, tidak hanya konsep one stop shooping saja, dimana destinasi wisata di Palembang akan dibuat secara menerus, dan tidak terpaku pada satu destinasi.

“Jadi nanti wisatawan yang datang tidak hanya diletakkan di satu destinasi wisata. Akan ada rangkaian destinasi wisata yang sudah dipersiapkan, salah satunya Musi Bercorak,” jelasnya.

Program One Stop Tourism Destination bagi wisatawan yang datang ke Palembang, akan di mulai dari Pasar Cinde, Pedestrian Sudirman dan Kuliner in Naight Market (lorong basah).

Kembali ke bawah Ampera ada panggung terbuka, Taman Skatepark terus didepannya ada Pasar Seni, Monpera (Monumen Perjuangan Rakya), Musium SMB II yang akan buka sampai malam, Benteng Kuto Besak (BKB), tugu Belido, Musi Bercorak sampai ke beberapa destinasi wisata lain yang berada di pinggiran sungai Musi.

“Dengan adanya ini ada satu kawasan destinasi yang secara continue. Jadi turis tadi akan puas datang kesini dan ini akan memberikan dampak pada pariwisata Kota Palembang, karena dengan adanya kepuasan akan memberikan kenangan,” tuturnya.

Dengan adanya One Stop Tourism Destination ini, hal utama yang ditimbulkan adalah sebuah kenangan. Karena, kenangan akan menjadi sebuah alat promosi yang lebih efektif.

“Jika mereka sudah ada kenangan dengan Kota Palembang, maka besok-besok mereka akan mengajak kembali dan menyampaikan kenangan mereka kepada orang lain saat berwisata ke Palembang. Jadi, kenangan ini jauh lebih penting dari promosi yang kita lakukan,” ulasnya. (rill)

LEAVE A REPLY