Pembangunan Vihara Satya Dharma Sriwijaya Mulai Dikerjakan

410

PALEMBANG- Jakabaring Sport City (JSC) saat ini tidak saja memiliki kawasan wisata olahraga, saat ini ikon nya Kota Palembang akan segera dibangu lima rumah ibadah mulai dari Masjid Raya Sriwijaya, Gereja Katolik, Pura, Vihara dan Gereja Protestan.

Rumah ibadah yakni, Hindu, Budha, Islam, Kristen Khatolik dan Kristen Protestan ini udah menda[pat persetujuan langsung dari kementrian Agama RI. Seluruh rumah ibadah ini akan rampung saat akhir tahun nanti. Senin (17/04).

Seperti dalam hal ini dilaksanakan peletakan batu pertama Vihara Satya Dharma Sriwijaya oleh Kepala Dinas Pemuda Olahraga (Kadispora) provinsi Sumatera Selatan A Yusuf Wibowo. Peletakan batu pertama ini merupakan tindak lanjut keinginan dari Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Alex Noerdin yang mengingikan lima rumah ibadah berdampingan. Dimana hanya Sumsel pertama kali yang mengintegrasikannya dalam satu komplek.

Rumah ibadah ini sendiri terletak di depan Lapangan Tembak dekat Apartemen Rusunami. Seluruh rumah ibadah ini direncanakan akan rampung di akhir 2017 mendatang. Pembangunan rumah ibadah saling berdekatan ini dimaksudkan Gubernur Sumsel untuk menciptakan simbol kerukunan umat beragama di Sumsel.

Dalam sambutannya A Yusuf Wibowo mengapresiasi penuh peletekan pertama batu ini. Ia juga mengatakan terbangunnya lima rumah ibadah dalam satu kawasan ini tidak hanya sebagai tempat ibadah namun ini juga diharapkan menjadi sarana untuk kerukununan umat beragama. Apalagi dalam menyambut Asian Games 2018 nanti, tentunya ini akan menjadi daya tarik masyarakat dari berbagai daerah, bahkan negara luar.

“Yang pertama dibangun adalah Vihara, pembangunan ini berdasarkan usulan pak Gubernur Alex melalui Kementrian agama Sumsel sebagai fasilitas pendukung Jakabaring Sport City tahun lalu, Alhamdulillah bisa direalisasikan tahun ini,” tuturnya .

Lanjutnya ia juga mengatakan, Target November tahun ini kelima rumah ibadah sudah selesai dibangun,  selain sebagai simbol kerukunan umat beragam, lima rumah ibadah ini menjadi satu-satunya di Indonesia yang terintegrasi dengan Komplek Olahraga.

“Kalau di Bali Rumah Ibadanya terintegrasi di Komplek Wisata, Kalau Sumsel di Komplek Olahraga, kelima rumah ibadah ini nantinya akan dimanfaatkan secara berkelanjutan dan dikelola yayasan dari masing-masing agama,” katanya.

Sementara Plt Kepala Dinas PU CK provinsi Sumatera Selatan Basyar mengatakan, Vihara Satya Dharma seriwijaya menambah tempat peribadatan umat Buddha di provinsi Sumatera selatan khususnya di Jakabaring Sport City Palembang. Sehingga dapat meningkatkan keimanan. Penduduk dan atelit di palembang, Namun dapat hidup damai, aman dan berdampingan. Hal ini harus kita pertahankan. Kepala PU memberikan apresiasi kepada masyarakat yang terus menjaga kerukunan.

“Saya berharap Pembangunan 5 Rumah ibadah nanti menjadi rumah sendiri sebagai tempat bermukim yang nyaman dan harmonis, “jelasnya.

Turut hadir dalam kesempatan ini  Kakankemenag kota palembang, H. Darami, S.IP., S.Pd.I. (rill)

 

LEAVE A REPLY