Ternyata Buah Baik Juga Dimakan Bersama Kulitnya

458

Buah-buahan tak diragukan lagi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Namun, saat mengonsumsinya, ada hal-hal yang harus diperhatikan agar nutrisinya tidak hilang. Misalnya, ada beberapa jenis buah yang sebaiknya tidak dikupas.

Apa saja? Sedikitnya ada enam macam buah yang baik dimakan bersama kulitnya.

  1. Apel

Apel beserta kulitnya mengandung antioksidan dan fitonutrien. Antioksidan yang terdapat pada kulit apel membantu mencegah alzheimer dan penyakit degeneratif lainnya.

Kulit apel juga baik dikonsumsi karena mengandung banyak serat dan vitamin yang penting untuk kesehatan tubuh manusia.

  1. Pir

Membuang kulit pir sama saja dengan membuang serat dan nutrisi lainnya yang baik bagi tubuh. Kulit buah pir juga mengandung fitonutrien antioksidan serta anti-inflamasi.

  1. Sawo

Buah ini memiliki banyak manfaat bila dikonsumsi beserta kulitnya. Kandungan vitamin pada buah sawo matang membantu memelihara selaput lendir. Buah yang diperkaya dengan kalium, zat besi, folat dan asam pantotenat, sawo yang tidak dikupas dapat membantu mengatur fungsi sistem pencernaan.

  1. Plum

Plum harus dimakan tanpa mengupas kulitnya. Buah plum mengandung antioksidan yang disebut asam klorogenat (chrocogenic acid) dan merupakan sumber vitamin C. Mengkonsumsinya tanpa mengupas kulit, dapat membantu menghilangkan sembelit dan masalah pencernaan lainnya.

  1. Kiwi

Kiwi yang dimakan beserta kulitnya memberi manfaat serat dan vitamin C tiga kali lipat lebih banyak.

  1. Mangga

Kulit mangga mengandung senyawa yang membantu dalam membakar lemak dan mengurangi produksi sel-sel lemak. Kulit mangga juga mengandung karotenoid, polifenol, omega-3, omega-6 dan asam lemak tak jenuh ganda yang membantu dalam memerangi kanker, diabetes dan penyakit jantung.

sumber: metrotvnews.com

LEAVE A REPLY